The Korean 10 Step Skincare Routine



Untuk menyambut tahun yang baru akhirnya saya memutuskan untuk membuat tulisan yang agak berbeda dari biasanya. Tadinya maju mundur membuat tulisan seperti ini, keyboard laptop yang rusak juga sebagai salah satu kendala untuk posting blog lagi *ALASAN* Akhirnya setelah nyolong meminjam keyboard komputer sekolah sekalian input nilai diputuskanlah untuk membuat tulisan ini. Sekalian ingin sharing juga dengan perempuan-perempuan diluar sana yang mungkin saja butuh pencerahan. Hhhhhh.

Beberapa waktu lalu saya sedang mencoba perawatan wajah/ skincare routine ala Korea. Sudah mulai 'sadar' pentingnya merawat kulit wajah, meskipun terkadang berat dan malas tapi tetap harus dilakukan demi #MenujuGlowing2017 #MenujuPelaminan2017 #HALAH.

Di negeri ginseng sana, perempuan-perempuannya sangat rajin merawat kulit wajah. Ya pantas saja jika kita melihat drama korea wajah aktrisnya glowing semua. Bagaimana tidak glowing kalau perawatannya saja minimal ada 10 steps mbak mbak sekalian ☺ Produk yang saya gunakan tidak semua dari Korea, masih banyak produk lokalnya. And here it is the Korean 10 steps skincare routine yang saya jalani..




1. Pre-cleansing
Di Korea dikenal yang namanya double cleansing (membersihkan muka dengan 2 langkah). Nah langkah pertama ini dikenal dengan tahap pre-cleansing. Pre-cleansing adalah membersihkan wajah sebelum kita mencuci muka dengan facial wash. Untuk pre-cleansing kita bisa menggunakan produk cleansing water/ cleansing milk/ cleansing oil/ cleansing cream bahkan cleansing balm. Banyak yah? Memang. Tapi kita tidak perlu menggunakan semua produk tersebut. Cukup pilih salah satu saja. Agar tidak membuat sakit kepala, saya akan beri contoh produknya dan yang gampang dicari di drugstore atau counternya.
✏️    cleansing water: Garnier Micellar Water, Bioderma, Corne de Farm, Nivea Micellar Water, dll
✏️    cleansing milk: Viva Cleansing Milk, The Face Shop Rice Bright Cleansing Milk, dll
✏️    cleansing oil: Biore Cleansing Oil, The Face Shop Rice Bright Cleansing Oil, Tony Moly Cleansing Oil, dll
✏️    cleansing balm: Clean It Zero Cleansing Balm, Pixi Nourishing Clean Balm, dll
Karena saya menggunakan cleansing milk dan cleansing water langkah yang saya lakukan tidak disebut double cleansing tetapi triple cleansing. Agar terkesan lebih bersih saja sih sebetulnya. Tapi tetap saja kalau sedang malas saya hanya menggunakan cleansing water. Pemalas ☺
Produk yang saya gunakan adalah Viva Milk Cleanser varian bengkuang dan Garnier Micellar Water. Murah meriah euy.
Oh iya, jika kalian menggunakan makeup yang agak lumayan berat sebelumnya, lebih baik gunakan makeup remover sebelum tahap ini. Karena terkadang makeup yang waterproof kurang bisa dibersihkan hanya dengan cleansing water.

2. Face wash
Tahap kedua adalah mencuci muka. Kotoran yang belum terangkat pada tahap pertama tadi diharapkan bisa hilang saat kita pada tahap ini. Sangat penting untuk memilih face wash yang tidak membuat efek 'ketarik' pada kulit wajah. Adanya efek 'ketarik' ini menandakan bahwa produk facial wash yang kita gunakan membuat kulit wajah kering.
Produk yang saya gunakan adalah Hada Labo Shirojyun Face Wash. Sebelum menggunakan Hada Labo, produk yang saya gunakan  adalah Ponds White Beauty Facial Wash. Sebenarnya saya sangat cocok menggunakan Ponds ini, tapi karena sudah terlalu lama, semenjak SMP,  jadi saya ganti karena katanya kalau kita terlalu lama menggunakan suatu produk, produk tersebut malah resisten ke kulit kita, jadi tidak akan memberikan hasil apa-apa. Perlu diingat juga bahwa jangan keringkan wajah dengan menggunakan handuk karena handuk itu kotor, alangkah lebih baik jika menggunakan tissue wajah.

3. Exfoliating
Tahap exfoliating ini fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Jangan dilakukan setiap hari, cukup 2-3x untuk kulit normal dan untuk kulit berjerawat cukup 1x seminggu. Produk yang saya gunakan adalah Wardah White Secret Exfoliating Lotion, Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid, dan Mustika Ratu Peeling Mundisari. Khusus untuk Cosrx saya hanya gunakan di daerah hidung dengan tujuan mengangkat komedo/ blackhead atau dalam kasus saya whitehead.

4. Toner
Toner ini fungsinya untuk mengembalikan pH kulit setelah kita mencuci muka dan menghidrasi kulit wajah. Toner juga membantu mempersiapkan kulit untuk menerima produk selanjutnya. Produk yang saya gunakan  adalah Viva Toner varian bengkuang, Laneige White plus Renew Skin Refiner, dan Son & Park Beauty Water.

5. Face Mask
Face mask ini ada banyak jenisnya. Ada wash off mask, sheet mask, peel-off mask, dll. Beda jenis masker beda juga urutan pemakaiannya. Agar tidak  bingung akan saya akan jelaskan satu persatu lagi.
✏️    wash off mask
Wash off mask ini yang biasanya paling sering kita gunakan. Harganya juga yang paling terjangkau diantara jenis masker yang lain. Wash off mask ini maksudnya adalah jenis masker yang harus dicuci lagi setelah kita menggunakannya. Jadi urutannya wash off mask - face wash - baru toner. Menggunakan wash off mask cukup 2x seminggu dan jangan terlalu lama, cukup 20 menit.
✏️    sheet mask
Jenis masker yang paling maharani alias mehong alias mahal. Cuma bisa dipakai 1x. Tahapan menggunakan sheet mask ada banyak versi. Ada yang  setelah toner, dan ada juga yang setelah serum. Menggunakan sheet mask disarankan 2 hari sekali selama 20 menit. Jika kalian ingin menggunakan setiap hari pun boleh asal kantongnya kuat 🙂
✏️    peel-off mask
Masker yang bentuknya seperti wash off mask. Ada yang berbentuk bubuk ada juga yang sudah berbentuk pasta. Perbedaannya dengan wash off mask adalah peel off mask setelah kering kita tidak perlu mencuci muka lagi, cukup dikelupas saja.
Produk yang saya gunakan untuk wash off mask adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask yang bisa berfungsi juga untuk exfoilating, dan Mustika Ratu Masker Bengkuang. Untuk sheet mask saya menggunakan Nature Republic Real Nature Mask Sheet dan Food A Holic 3D Mask Sheet. Dan untuk peel off mask saya menggunakan Qiansoto Peel Off Mask.

6 dan 7. Essence dan Serum

Sejujurnya saya masih agak bingung perbedaan antara essence dan serum. Karena untuk fungsinya mereka tidak jauh berbeda. Tahapan menggunakan essence dan serum dimulai dari yang konsistensinya lebih cair ke yang lebih padat. Produk yang saya gunakan adalah Laneige White plus Renew Ex-Essence dan Wardah White Secret Essence.

8. Eye Cream

Jangan salah loh, kulit mata itu ternyata perawatannya berbeda dengan kulit wajah kita yang lain. Karena kulit pada area mata kita tipis, makanya sering kalau kita menggunakan masker atau skincare lain diminta untuk menghindari daerah bagian mata. Untuk eyecream lokal saya baru menemukan Viva Revitalizing Eye Cream, dan itu pun sepertinya tidak memberikan apa-apa. Entah karena murah atau mungkin memang belum terlihat hasilnya, cuma memang katanya efek dari eyecream terlihatnya setelah 5 tahun kemudian. Entahlah.  

9. Moisturizer

Moisturizer atau lebih kita kenal dengan istilah pelembab, krim pagi atau krim malam. You named it. Produk yang saya gunakan adalah Ponds White Beauty Day Cream, Ponds White Beauty Night Cream, dan Laneige White plus Renew Emulsion.

10. Sunblock/ Sleeping Mask
Nah tahap terakhir ini yang paling sering diabaikan oleh para perempuan diluar sana. Banyak dari mereka mengabaikan penggunaan sunblock. Padahal paparan sinar UVA dan UVB itu 'jahat' loh. Dan masih banyak orang yang masih beranggapan bahwa sunscreen = sunblock, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Sunscreen HANYA melindungi dari UVB saja sedangkan sunblock melindungi dari UVA dan UVB. Apa itu UVA? Apa itu UVB? UVA adalah Ultra Violet Aging dan UVB adalah Ultra Violet Burning atau lebih sederhananya sinar UVA membuat kulit kita menua dan UVB membuat kulit kita terbakar. Sedangkan SPF yang terdapat pada sunblok adalah Sun Protection Factor. Pada SPF biasanya diikuti oleh angka seperti 15, 25, 30, dan 50. Angka tersebut adalah penentu seberapa lama kulit dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika biasanya kulit membutuhkan waktu sekitar 10 menit sampai mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan kita menggunakan SPF 30, produk tersebut akan memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar atau 10 x 30 menit = 300 menit alias 5 jam. Seberapa lama sunblock melindungi dari UVB ditandai dengan angka pada SPF, sedangkan untuk perlindungan dari UVA biasanya ditandai dengan PA+, semakin banyak tanda + semakin baik melindungi dari UVA. Produk yang saya gunakan adalah Skin Aqua SPF 50+ PA+++
Jika pada malam hari, sunblock ini kita ganti dengan sleeping mask. Cukup 2-3x dalam seminggu. Produk yang saya gunakan adalah Laneige Sleeping Mask.

Sekian tahapan skincare yang sedang saya jalani. Tapi ingat, tidak setiap hari saya menjalankan tahapan tersebut. Seperti tahapan exfoliating, face mask, dan sleeping mask cukup 2-3x seminggu saja, dan saya hanya menjalankan tahap-tahap tersebut hanya pada malam hari. Kenapa pagi hari saya tidak menggunakan tahapan tersebut? Waktunya lama bok! bisa telat masuk kerja.

Tidak melulu harus menggunakan produk mahal yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah, yang paling penting dari merawat kulit adalah telaten alias rajin. Percuma produk skincarenya mahal, harga selangit tapi kita malas-malasan menggunakannya. Awalnya memang berat, biasanya kalau mau tidur ya tinggal tidur, tapi setelah melihat hasilnya percayalah niscaya tidak akan kecewa ☆☆ 

SalamKinclong2017 :D

0 comments:

Post a Comment